Welcome

Musim Hujan Menjelang Awas Longsor Datang










Minggu, 15 Maret 2015 pukul 18.30 WIB terjadi longsor di Kecamatan Cibugel, tepatnya di Jalan Cipicung Desa Buanamekar yang berbatasan langsung dengan Kecamatan Selaawi Kabupaten Garut. Longsor menutupi badan jalan kabupaten sehingga arus transportasi terputus.
Area tersebut merupakan area langganan terjadinya longsor pada tiap tahun setiap musim hujan. terjadinya longsor disebabkan curah hujan yang besar pada 3 hari terakhir ini, teksur tanah yang gembur, keadaan tanah dengan kemiringan 75° tanpa ada penahan/dam, serta adanya pesawahan di atas area longsor sehingga terjadi peresapan air yang mengakibatkan daerah tersebut sangat rentan terhadap erosi.
Untuk memperlancar kembali jalur transportasi, warga beserta aparatur pemerintahan desa, kecamatan/satpol PP, TNI, dan kepolisian melaksanakan gotong royong untuk membuang longsoran tanah yang menutupi badan jalan, sehingga pada pukul 10.00 WIB jalan dapat digunakan kembali oleh kendaraan roda 4.
Kepala Desa Buanamekar (NONO RUSYANA) mengatakan “ warga Masyarakat Desa Buanamekar mengharapkan dari  Pemerintah Kabupaten Sumedang  ada bantuan/tindakan antisipasi untuk mencegah kembali longsor di area tersebut , dibangunnya dam/tombok penahan longsor sangat diharapkan oleh para warga”
Sekretaris Kecamatan Cibugel (Dadang Sundara,SP) yang pada kesempatan tersebut ikut melaksanakan gotong royong menyatakan “Jalan Cipicung ini merupakan jalan perbatasan Kabupaten Sumedang dengan Kabupaten Garut yang digunakan sebagai jalur perekonomian masyarakat Kecamatan Cibugel, terjadinya longsor ini akan mengakibatkan dampak negative tersendatnya kegiatan perekonomian masyarakat cibugel, langkah-langkah serta antisipasi sangatlah diperlukan pada area longsor, Pemerintah Kecamatan Cibugel akan melakukan koordinasi dengan Dinas Instansi terkait untuk menanggulangi kejadian longsor ke depannya”. (D&d’Sign)

0 komentar:

Posting Komentar